Manfaat Menjemur Burung di Bawah Jam 09.00(ala Elex.SW)


 Matahari pagi.

     Menjemur burung sebaiknya di bawah jam 09.00 wib,karena sinar matahari di atas jam sembilan pagi banyak mengandung sinar Ultra Violet yang justru merugikan untuk kesehatan,(apa lagi jika langsung terkena sinar matahari siang/tanpa ada penyesuaian suhu tubuh terlebih dahulu).
Sinar matahari pagi banyak mengandung sinar infra merah yang banyak mempengaruhi produksi hormon-hormon penting yang ada pada tubuh burung.Hormon progesterone,hormon testoteron,hormon estrogen ,ketiga hormon ini berfungsi sebagai perangsang birahi burung dan kinerja organ reproduksi burung.

     Sinar matahari pagi banyak mengandung sinar ulta violet yang mampu mengekstrak pro-vitamin D yang ada pada tubuh burung ,menjadi vitamin D3 yang berpengaruh pada daya tahan organ tubuh dan struktur tulang burung,tidak ketinggalan juga sangat mempengaruhi bulu burung itu sendiri.
Selain itu menjemur burung di pagi hari sangat berpengaruh pada kesehatan burung,karena sinar matahari pagi mampu mencegah pengentalan darah,sehingga darah lebih lancar,dan ketika darah lancar secara otomatis stamina dan kesehatan burung meningkat.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa darah berperan penting dan sangat berpengaruh pada kesehatan,karena segala sesuatu;vitamin,mineral,kalsium,protein,karbohidrat,lemak jenuh,hingga oksigin dialirkan melalui darah untuk samp[ai pada organ-organ tubuh.Dengan kata lain darah merupakan satu-satunya alat transportasi atau aliran ekonomi tubuh.

       Sinar matahari pagi banyak membunuh virus-virus yang menyebabkan penyakit pada burung.Memperlancar sistem metabolisme burung,sinar matahari juga akan mengurangi/mengusir kutu yang hidup pada bulu burung,atau akan membunuh jamur yang hidup pada kulit dan bulu burung.
Sinar matahari pagi juga sangat berpengaruh pada psikologi burung,karena mengingat kebiasaan burung di alam liarpun senang berjemur.

        Semoga dengan merawat burung yang tepat dan sehat kita mampu membahagiakan burung peliharaan kita dengan harapan burung tersebut akan memberikan kebahagiaan juga untuk kita.
apakah mungkin burung yang tidak sehat atau burung yang stres mampu memenuhi harapan sipemeliharanya,atau apakah wajar dan apa mungkin perawatan yang buruk dan perhatian serta kasih sayang yang buruk pada peliharaan akan mampu memberikan kebahagiaan yang baik atau mampu
memenuhi harapan si pemelihara???

                                                                                               Elex SuWek/Jakarta/2015

Tidak ada komentar