Mengundang Masteran Burung Kicau dengan Pohon Kersen




        Di beberapa daerah ada yang menyebut pohon kersen dengan sebutan talok,balaci dan ada pula yang menyebutnya dengan ceri,mungkin karena buahnya mirip dengan buah cheri.
Pohon talok selain rindang karena cabang-cabangnya cenderung tumbuh berbentuk paying juga pohon ini berbuah tidak mengenal musim.Pohon talok mudah untuk kita tanam,begitu pula perawatannya juga tidak repot.Pohon talok cocok ditanam sebagai pohon perindang,baik di taman,halaman rumah maupun halaman perkantoran,pinggir jalan dan lain-lain.
         Setiap pemelihara burung kicau tentunya membutuhkan burung untuk memasteri (mengisi suara) burung kicau peliharaannya,saya rasa dengan menanam pohon talok di sekitar rumah adalah salah satu cara untuk memanggil masteran burung kicau anda.
Banyak jenis burung kicau yang menyukai buah talok,mengingat pohon talok berbuah tak mengenal musim tentunya sangat berpeluang besar memancing burung-burung kicau untuk datang ke pohon talok yang anda tanam,berarti pula masteran burung anda akan sering datang.Keuntungan memanggil masteran burung kicau peliharaan diantaranya;anda tidak mempunyai beban dalam merawatnya(berarti pula anda menghemat waktu dan tenaga),selain itu anda berarti juga menghemat uang karena tidak harus merogoh kocek untuk membeli burung masteran,kicauan burung liar lebih natural dan berfariatif.
            Burung-burung kicau yang sering  datang pada pohon talok;burung kemaduan,burung cabean,burung kolibri,burung prenjak,burung crucukan,burung toli-toli,burung rambatan,burung pleci baik yang kaca mata maupun yang polos dan sebagainya.Banyak jenis burung kicau yang menggemari buah talok,anda cukup membuat mereka nyaman atau tidak mengusik ketika mereka datang,maka burung-burung tersebut akan menjadi langganan di pohon talok yang anda tanam.
              Selain mengundang masteran burung kicau peliharaan anda,menanam pohon talok berarti pula anda turut peduli dengan penyediaan pakan untuk burung-burung liar dan mengurangi penangkapan liar karena ketika pohon talok anda tanam di areal rumahh anda,anda mempunyai hak untuk menjaganya,jadi ketka ada penangkap burung liar anda bisa memperingatkannya.
               Pohon talok yang rimbun juga dapat menambah suasana asri di hunian anda ,menambah suplai oksigen,juga pohon talok bisa berfungsi menjadi tempat untuk mengembunkan burung kicau peliharaan anda atau untuk peneduh burung kicau peliharaan sehabis dijemur,dengan demikian oksigen segar lebih banyak mereka dapatkan dari pada anda gantung sangkar burung kicau anda di ruangan.
Keuntungan mengembunkan di bawah pohon tentunya sangat jelas selain melihat sifat burung di alam liar ketika pagi-pagi sekali tentunya mereka masih bertengger di tempat yang rindang(belum mencari tempat yang terkena sinar matahari),selain itu suplai oksigen segar tentu lebih banyak yang berarti pula menambah kesehatan dan stamina burung itu sendiri.

                 Menanam pohon talok juga berarti menyiapkan pakan alami burung kicau anda sendiri mengingat memang pohon ini berbuah sepanjang musim.Buah talok selain manis juga bermanfaat untuk kesehatan ,baik kesehatan manusia maupun kesehatan binatang khususnya burung.Tidak mungkin tanpa sebab binatang menyukai buah yang mereka konsumsi.
Beberapa manfaat buah talok;
1.     Menyembuhkan diabetes
2.     Meredakan gejala flu
3.     Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
4.     Sebagai antibakteri atau antiseptic
5.     Menurunkan tekanan darah tinggi
6.     Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
7.     Mengatasi infeksi
8.     Anti-tumor
9.     Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit
1.  Meredakan sakit kepala
.     Pembunuh mikroba
2.     Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
3.     Mencegah dan menyembuhkan batuk
4.     Mengatasi radang
5.     Mengobati asam urat
       Selain pohon talok menguntungkan untuk anda,pohon talok juga menguntungkan untuk burung-burung liar,hal ini berarti menjadikan anda menjadi pemelihara burung kicau yang ramah lingkungan.Kami ;Gerakan Konservasi Burung Indonesia (GENKOBI) mengucapkan banyak terimakasih apabila anda menjadi pemelihara burung  ramah lingkungan,berarti pula anda mendukung gerakan konservasi burung. HAYU HAMEMAYU HAYUNING BAWANA
Rahayu……,rahayu…….
 
                                                                                                                  Elex.SW
                                                                                                               Ciputat/2015





        

Tidak ada komentar