Material Sarang Burung Srigantil/Kolibri Kelapa (bagian.01)

          Sarang burung Srigantil berbentuk kantung dengan pintu sarang pada bagian atas dan bertopi.Burung srigantil juga biasa disebut dengan Sriganti,ada juga yang menyebutnya dengan Kolibri Kelapa,burung species ini berukuran kecil,panjang badannya kurang lebih 10cm,dengan paruh runcing memanjang.Paruh burung Srigantil akan semakin panjang sesuai dengan umurnya,semakin tua maka semakin panjang pula paruhnya.

- Klasifikasi ilmiah untuk burung Srigantil; -Kerajaan   : Animalia
                                                               -Filum        : Chordata
                                                               -Kelas        : Aves
                                                               -Ordo         : Passeriformes
                                                               -Famili        : Nectariniidae
                                                               -Genus       : Nectarinia
                                                               -Spesies     : N.jugularis

Untuk spesies ini penyebarannya meliputi;Indonesia,Cina,Asia tenggara,Filipina,Australia,Malaysia.Sedang di tanah air kita burung Sriganti tersebar dibanyak wilayah,seperti;Jawa,Sulawesi,Bali,Maluku,Papua,Kalimantan,Sumatera.
Selain memakan nektar/madu bunga,burung Srigantil juga memakan serangga-serangga kecil,laba-laba,larfa semut (kroto).Habitat burung Srigantil meliputi;pekarangan,pesawahan,kebun,tegalan/ladang,hutan,pantai,juga hutan mangruve.

Pejantan burung Srigantil/Kolibri Kelapa.

               Kepala pada pejantan burung Srigantil meiliki warna yang indah,pada bagian jidat,dagu dan dadanya berwarna biru keunguan,hitam metalik (berwarna seperti sambeliren,bahasa Jawa),punggung pejantan berwarna hijau yaitun dengan bercak hitam,bagian dada sampai perut berwarna kuning,paruh dan kakinya berwarna hitam.
Pejantan acap kali berpatroli disekitar sarang untuk menjaga wilayahnya.

                                                  Betina burung Srigantil/Kolibri Kelapa.

                     Sedang warna bagian jidat ,dagu dan dada pada betina burung Srigantil tidak seperti warna pada pejantan,warna bulu betina agak kusam,pada bagian dagu berwarna kuning dengan garis hitam,dada sampai perut berwarna kuning,pada alis betina terdapat garis kuning terang,punggung berwarna hijau yaitun,paruh juga kakinya berwarna hitam.

                        Sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa, di areal Bengkel Teater Rendra,Cipayung,Depok.

                  Burung Srigantil membangun sarang dengan beberapa jenis material yang terdapat di daerah tempat mereka berkembang biak,biasanya dengan beberapa serat pohon,rumput,kulit kayu,sarang laba-laba,bunga ilalang,bunga gendot,kapuk randu,bulu berwarna putih.Baiklah kali ini saya akan berusaha mengurai material sarang burung Srigantil yang saya peroleh di areal Bengkel Teater Rendra,Cipayung,Depok,yang untuk saat ini memang sengaja diperuntukkan sebagai hutan penjaga serapan air,karena memang di Bengkel Teater Rendra memiliki air dengan kualitas tinggi dan bisa langsung konsumsi(tanpa proses pemasakan),masyarakat sekitarpun banyak yang memanfaatkan air tersebut.

                                       Sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa tampak depan.

                        Dari depan jelas kita bisa melihatnya berbentuk kantung dengan pintu sarang pada bagian atas,dan pada atas sarang terdapat semacam topi (kanopi,jika pada rumah).Bagian luar sarang tersusun dari material-material yang lebih kasar dan dengan campuran sarang laba-laba,ada juga kulit pembungkus telur laba-laba,daun-daun kecil(seperti daun sengon),serpihan kulit ayu.

                                         Sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa tampak belakang.

                      Bagian belakang sarang rajutan sarang burung ini mengait pada ranting pohon,dan bagian kantung yang kebawah ada rajutan sarang menempel pada daun dengan material kasar dan sarang laba-laba,hal tersebut menambah kekuatan kontruksi sarang dan meminimkan goyangan sarang akibat tiupan angin.
         
Sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa tampak samping.

Irisan melintang memanjang sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa.

                   Jelas bisa kita lihat pada isisan melintang memanjang sarang burung ini pembagian material penyusun sarangnya,pada bagian dalam tersusun atas material yang bersifat lembut/empuk dan hangat,seperti;kapuk randu,bunga ilalang,bunga gendot,kulit pembungkus telur laba-laba,serat-serat halus.Pada bagian luar tersusun atas material yang lebih kasar ,seperti; serat tapas(penutup pelepah pohon kelapa),serat gedebong (pohon pisang),serat pohon pepaya yang telah kering,akar talas kering,serat rumput,serat daun kelapa,dan lain-lain.Serat-serat tersebut dirajut dengan campuran material sarang laba-laba,terutama pada bagian pangkal/tangkai sarang (bagian yang mengait pada ranting pohon) banyak terdapat campuran sarang laba-labanya.

Irisan sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa melintang memotong.

                        Dari irisan memotong ini bisa kita lihat bagian dalam bawah yang lebih didominasi material halus dan lembut bersifat hangat,diantaranya;bunga ilalang,bunga gendot,kapuk randu.Pada bagian bawah sarang lapisan bunga ilalang dan bunga gendot lumayan tepal,sementara pada sisi-sisi samping banyak terdapat kapuk randu.

                Material-material penyusun sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa yang saya ambil di kawasan Bengkel Teater Rendra antara lain adalah sebagai berikut :

                                         1.Serat daun kelapa.

-Serat daun kelapa banyak tersusun pada bagian luar dan bagian tengah kontruksi sarang,hanya pada bagian tengah kontruksi sarang terdapat juga sedikit serat daun kelapan dengan ukuran lebih halus/kecil .

                                         2.Tapas (pembungkus pangkal pelepah pohon kelapa).

-Serat tapas (pembungkus pangkal pelepah pohon kelapa) banyak saya temukan baik pada bagian luar sarang maupun bagian dalam sarang,hanya pada bagian luar sarang material ini lebih kasar,sedangkan pada bagian dalam kontruksi sarang memiliki material serat tapas yang lebih halus.Serat tapas hampir mendominasi material tulang kontruksi sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa.

3.Serat pohon pepaya .                                               

-Serat pohon pepaya tidak mendominasi material sarang burung Srigantil, serat ini terdapat pada bagian sarang kontruksi luar.

                                         4.Akar pohon talas.

-Akar pohon talas yang telah kering sepertinya bukan material penting/pokok pada kontruksi sarang burung Srigantil,akar pohon talas saya lihat hanya ada pada bagian luar kontruksi sarang.

5.Bunga ilalang dan bunga gendot                                

-Bunga ilalang dengan campuran bunga pohon gendot banyak terdapat pada bagian dalam terutama pada bagian bawah sarang,lapisan bunga ilalang dengan campuran bunga gendot lumayan tebal pada bagian dalam bawah sarang,hal ini sangat erat dengan fungsi sarang itu sendiri yang memang tempat untuk bereproduksi (mengerami telur).Pantas saja apa bila lapisan material ini banyak pada bagian dalam bawah sarang dimana bagian tersebut berfungsi untuk meletakkan telur-telur.

6.Kapas randu                                                           

-Kas randu banyak terdapat pada bagian tempat telur dan juga pada bagian kontruksi dinding dalam sarang.

7.Daun sengon.                                                           

-Daun sengon dan juga daun albasiah juga terdapat di antara material pembentuk sarang pada bagian kontruksi dinding sarang,material ini juga bukanlah material utama atau bisa kita katakan material tambahan saja pada sarang burung Srigantil.

8.Bungkus telur laba-laba.                                            

-Bungkus telur laba-laba juga terdapat pada beberapa bagian kontruksi sarang burung Srigantil,pada bagian;tempat telur,pada dinding bagian dalam sarang,beberapa pada dinding bagian luar sarang.Material ini hampir menyerupai kapas jika kita urai.

9.Serat gedebong (pohon pisang).                              

-Material ini banyak terdapat pada kontruksi sarang bagian luar,meskipun pada bagian kontruksi dalam juga terdapat sedikit material serat gedebong pisang.


                                         10.Sarang laba-laba.

-Material berbahan dasar sarang laba-laba ini sepertinya mendominasi kontruksi sarang burung Srigantil,menurut hemat saya sarang laba-laba memiliki fungsi perekat antar material sarang yang lainya.Sarang laba-laba juga banyak ditemui pada tangkai sarang yang mengait pada ranting pohon, dan juga pada bagian yang menempel pada daun menjuntai ke bawah,yang berfungsi sebagai penguat pegangan sarang serta mengurangi goyangnya sarang akibat tiupan angin.

11.Kulit kayu.                                                              

-Kulit kayu,material berbahan kulit kayu saya temui pada bagian kontruksi luar sarang,dan sepertinya material ini juga seperti material daun sengon yang hanya menjadi material tambahan pada kontruksi sarang.

                 Sarang burung Srigantil sangat dipengaruhi oleh faktor ketersediaan material pada daerah di mana mereka tinggal dan berkembang biak,dan material-material tersebut di atas hanya sempel pada satu area saja,akan berbeda pula material pembentuk kontruksi sarang pada sarang burung Srigantil yang kita jumpai di lain tempat.Terkadang pada sarang burung Srigantil juga bisa kita temui material seperti;ijuk,rambut manusia,bulu halus unggas yang berwarna putih/terang,beberapa jenis bunga.Saya pernah mendapati sarang Srigantil pada daerah curug Sekar Langit,pada sarang tersebut saya temukan material pembentuk sarang berupa lumut,juga bunga kaliandra dan rambut jagung.
                 Semooga uraian tentang material pembentuk sarang burung Srigantil ini mampu menanbah pengetahuan dan referensi dalam menyediakan material sarang bagi para breeder burung.Terimakasih dan mohon tambahan informasi mengenai hal yang bersangkutan untuk menambah bahan riset yang saya lakukan.

                                                                                                                      GENKOBI
                                                                                                               Elex.SW/Ciputat/2016                                                                                                             

















   



                                                               

Tidak ada komentar