Manfaat Karbon Aktif Atau Arang Tumbuhan Untuk Kesehatan

Manusia sudah sejak lama memanfaatkan karbon aktif atau yang lebih familiar kita sebut dengan arang/areng yang berasal dari tumbuh-tumbuhan/herbal.
Bukan hanya untuk kebutuhan bakar saja,bahkan banyak lembaga penelitian yang meneliti perihal manfaat dari karbon aktif atau arang ,dan sejak dulu juga telah banyak bangsa-bangsa yang menggunakan karbon aktif/arang sebagai bahan dasar obat.
Tidak hanya manusia saja yang memanfaatkan arang/karbon aktif untuk  pengobatan/kesehatan , binatang juga banyak yang menggunakan arang untuk kesehatan mereka,terutama untuk gangguan pencernaan dan keracunan makanan.
Kita ambil contoh yang mudah saja seperti; monyet setelah memakan buah-buahan atau daunan yang mengandung racun biasanya dia akan mencari arang dan memakannya, ayam ketika mengalami gangguan pencernaan/diare dengan ditandai fices yang cair mereka juga biasanya akan memakan arang,atau kucing yang mengalami keracunan makanan atau gangguan pencernaan kalau dia tidak menemukan tumbuhan sebagai obat biasanya kucing juga akan memakan arang.
Banyak peneliti yang telah mengungkapkan kegunaan arang tumbuhan sehingga muncul beberapa prodak kesehatan/obat dengan bahan baku arang,kita ambil salah satu contoh prodaknya adalah NORIT.


Arang kayu
                                                       Arang batok kelapa
Karbon aktif atau arang efektif untuk penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh,arang juga membantu proses detox dengan cara menyerap cairan atau gas yang ada pada pencernaan dan kemudian mengikatnya.
Sejak lama di banyak negara memanfaatkan obat yang berbahan dasar karbon aktif atau arang untuk mengobati diare/mencret,keracunan makanan,bahkan menurut para ilmuan arang juga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
Bagi saya logis apabila arang dikatakan mampu untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh,mengingat cara kerja arang dengan daya serap terhadap cairan maupun gas yang begitu tinggi,setelah cairan atau gas yang terserap dalam arang akan diikan oleh senyawa arang tersebut dan akan terbuang bersamaan dengan kotoran/ficis.
Akan tetapi dalam penggunaan arang sebagai obat kesehatan kita perlu memperhatikan cara dan karbon aktif/ arang yang kita konsumsi.
Biasanya dalam penggunaan karbon aktif/arang jika dikonsumsi berlebih akan berakibat menghitamnya kotoran/ficis,warna urin/kencing lebih gelap,dan mengalami sembelit (kebebelen,kata orang jawa).
Adapun efek samping yang lain bisa berakibat mulesnya perut dan muntah-muntah,akan tetapi jika mengalami muntah-muntah dalam kondisi arang telah tertelan beberapa saat ini justru bagus,karena senyawa racun yang telah terserap arang terbawa ke luar tubuh.
Kemudian kita perlu tahu apakah ada zat lain/senyawa lain yang ada pada arang tersebut atau tidak,jika ternyata arang tersebut membawa/telah bercampur dengan senyawa lain yang membahayakan tubuh sebaiknya jangan digunakan.
Jika anda tidak bisa memilih arang yang baik untuk pengobatan sebaiknya anda membeli obat yang berbahan dasar karbon aktif/arang saja,dan atau anda membuat arang sendiri sebagai jaminan bahwa arang tersebut betul-betul seteril.

Kita bisa menyediakan arang yang telah ditumbuk halus untuk binatang peliharaan kita,biarkan binatang peliharaan kita mengkonsumsinya sendiri,atau kita bisa menyimpan stok arang yang telah kita haluskan untuk kebutuhan saat binatang peliharaan kita membutuhkannya.
Sedang cara pakainya kita bisa menggunakan beberapa cara pada binatang,semisal;dengan mencokolkan arang tersebut atau mencampurkannya pada pakan binatang peliharaan kita.

Karbon aktif/arang telah banyak yang tahu kegunaannya bagi manusia maupun binatang.
Arang sangat efektif untuk mengobati binatang peliharaan kita saat binatang peliharaan kita mengalami deare/mencret,atau keracunan makanan dan gangguan pencernaan.

Arang bukan hanya untuk mengobati saja tapi arang juga akan menambah asupan mineral bagi tubuh,seperti yang kita tahu bahwa tubuh mampu menghasilkan zat-zat seperti,zat melatonin atau zat lain bahkan vitamin,tapi tubuh sama sekali tidak mampu menghasilkan mineral.
Selain itu zat karbon juga mampu membunuh bakteri dan menghambat perkembangbiakan bakteri dan baksil,jadi  arang juga bagus untuk mengobati kulit yang terkena jamur.

Terima kasih,semoga bermanfaat untuk anda.
Rahayu....,rahayu...,teguh rahayu
HAYU HAMEMAYU HAYUNING BAWANA
Salam;"AKU SAYANG KAMU".

Elex.SW
Ciputat/2016

Tidak ada komentar