GENKOBI Menyambangi Komunitas Sugar Grider Indonesia (KSGI) - Jakarta

          Hari minggu pagi di Taman Suro Pati - Menteng - Jakarta Pusat terlihat ramai,dari anak-anak hingga orang dewasa maupun tua dengan berbagai aktifitas,dari momong anak sampai berproses kesenian.
Kebetulan GENKOBI untuk beberapa hari sedang melakukan riset mengenai daerah alternatif konservasi burung dan mendata burung-burung yang ada pada tempat tersebut, di situlah kami betul-betul merasakan beberapa fungsi taman kota dengan melihat dan merasakan berbagai macam aktifitas di Taman Suro Pati.
       
           Di Taman Suro Pati tidak hanya terlihat burung-burung liar yang berbiak dan merpati yang sengaja diliarkan saja, tapi juga banyak binatang peliharaan yang dibawa oleh pemiliknya, bahkan terlihat pula komunitas-komunitas penghobi binatang.Selain penghobi reptil,musang,anjing,di Taman Suro Pati juga bisa kita temukan penghobi Sugar Grlider, mereka tergabung dalam wadah Komunitas Sugar Glider Indonesia   (KSGI) - Jakarta.
"Setiap hari minggu mereka berkumpul di taman Suro Pati, untuk mengenalkan Sugar Glider pada masyarakat juga untuk saling bertukar pengalaman antar anggotanya", begitulah ungkap salah satu motor KSGI - Jakarta yang akrap dipanggil bang Agung.
Hari itupun saya berbincang dengan salah satu motor KSGI - Jakarta yang akrab dipanggil bang Agung Supriyadi selaku ketua komunitas KSGI - Jakarta.
       
           Sugar Grider merupakan binatang peliharaan dengan penampilan imut dan menggemaskan, terang saja kalau kegiatan KSGI - Jakarta di ruang publik seperti Taman Suro Pati banyak menyerap perhatian anak-anak maupun orang dewasa .Komunitas ini sengaja berkumpul di ruang publik selain untuk saling silaturahmi antar anggota,komunitas KSGI - Jakarta juga bertujuan mengenalkan Sugar Grider pada masyarakat ,serta mengadakan edukasi pada masyarakat mengenai Sugar Grider.
Tak segan mereka menjawab pertanyaan - pertanyaan dari orang yang berkunjung di tempat tersebut, mulai dari pertanyaan dasar seperti;ini binatang apa?,namanya apa?,galak tidak?, gigit tidak?, nama dengan bahasa Indonesianya apa?, perawatannya bagaimana?.Di jaman seperti sekarang meskipun informasi terbuka lebar tapi manusia mulai berjarak dengan alam dan mahluk-mahluk lain, maklum saja jika berjibun pertanyaan- pertanyaan itu tidak hanya muntah dari mulut anak-anak saja, tapi masih banyak juga orang dewasa dan tua yang tidak mengerti Sugar Grider.
Dengan hadirnya KSGI - Jakarta di ruang publik seperti ini menambah fungsi dari taman itu sendiri,yang tidak hanya menjadi wahana rekreasi atau olah raga saja, melainkan mampu menjadi tempat alternatif pendidikan kepada sosial. Peranan KSGI - Jakarta menjadi penting untuk masyarakat, terutama anak-anak yang memiliki peluang sangat kecil untuk mengetahui Sugar Glider dari bangku sekolah atau sekolah formal yang mereka pegang teguh.

        Meskipun KSGI - Jakarta ini tergolong baru terbentuk dan belum memiliki beskem tetap untuk berkumpul, tapi komunitas ini sudah banyak menunjukkan kegiatan nyata pada masyarakat. Bagi saya mereka sebenarnya aset dari bangsa yang sangat penting untuk didukung perkembangannya, mengingat banyaknya anggota sosial kita mulai banyak yang tidak tahu macam-macam flora dan faona, serta perlakuan pada flora dan faona itu sendiri.

       Bagi GENKOBI edukasi pada sosial itu sangatlah penting karena bagi kami; "Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki ilmu - pengetahuan tinggi dan mampu mendialektikakan pada orang lain".Mengedukasi sosial merupakan salah satu jalan untuk melakukan dealektika diri atau mendialektikakan ilmu serta pengetahuan kepada orang lain."HANYA BANGSA MISKIN DAN HINA YANG TIDAK MENDIALEKTIKAKAN ILMU DAN PENGETAHUANNYA KEPADA YANG LAINNYA",(kutipan dari ELEXISME).Hanya dengan ilmu juga pengetahuanlah suatu bangsa akan menikmati kemakmuran dan tidak terjebak dalam kubangan kemiskinan.

KSGI-Jakarta menjalankan misi edukasi sosial di ruang publik (Taman Suro Pati ).

      Pendidikan dan pendekatan pada binatang sejak dini selain mengolah motorik anak-anak,menambah wawasan bagi anak itu sendiri, juga mampu meningkatkan olah rasa serta pendekatan diri pada alam.
Dengan mengenalkan binatang serta mengedukasi bagaimana penyikapan pada binatang sejak dini sangatlah penting, supaya anak-anak ketika dewasa tidak gagap dalam sikap bersosial dan berinteraksi dengan anggota sosial lainnya maupun dengan mahluk lainnya.Tentu saja dengan harapan mereka tidak salah bertindak atau bersikap pada apa yang mereka jumpai,baik pada sesama maupun pada makluk selain manusia.

Salah satu anggota KSGI-Jakarta sedang berinteraksi dan menjelaskan mengenai -
Sugar Glider pada pengunjung Taman Suro Pati.

              Komunitas Sugar Glider Indonesia-Jakarta nampak begitu mengalir dan cair berbaur dengan pengunjung-pengunjung yang mendekati mereka,sama sekali saya tidak melihat kecanggungan mereka dalam menginformasikan Sugar Glider pada masyarakat.Menanggapi berbagai pertanyaan dari pengunjung dengan antusias dan semangat, jelas bisa saya lihat bukan hanya fisik saja yang masih muda tapi semangat mereka tidak menghianati kemudaannya.

KSGI-Jakarta melebur dan berbaur dengan sosial ruang publik.

             GENKOBI yakin betul jika para pemuda seperti halnya dengan KSGI-Jakarta, peduli dengan pendidikan sosial di segala luang yang memungkinkan bangsa kita akan mengalami kemajuan dan kemakmuran yang pesat.Pemuda-pemuda harapan bangsa yang sudi mengurangi atau meninggalkan gaya hidup hedonis, menjadi lentera dalam kegelapan ilmu serta pengetahuan sosial.

            Salam; "AKU SAYANG KAMU".
Rahayu...,rahayu...,rahayu...,teguh rahayu.
HAYU HAMEMAYU HAYUNING BAWANA.
Untuk saudara-saudara KSGI-Jakarta semoga selalu selamat dan bahagia; "Andum donga,andum slamet,andum warta".

GENKOBI
Elex.SW / Ciputat / 2016



2 komentar

Amiiiiiiin
Terima kasih utk do'anya mas
Semoga genkobi juga semakin sukses 😊😊😊😊

ok,terimakasih
andum donga,andum slamet,andum warta