Pendekatan Psikologi Dengan Mengajak Bertamasya Binatang Peliharaan

                     Adakalanya kita perlu mengajak jalan-jalan binatang peliharaan kita ke tempat-tempat wisata atau ke alam liar,hal ini selain untuk membiasakan peliharaan kita pada aktifitas kita selaku pemelihara juga untuk merefres spsikologi binatang peliharaan itu sendiri.
Menurut asumsi saya binatang peliharaan pada umumnya dan burung pada khususnya yang ingin saya bahas di sini ada persamaan spikologi dengan manusia,begitu pula dalam hal penanganannya.
                    Pada suatu kesempatan saya pergi ke pantai,saya mengajak burung nuri endemik ambon yang saya beri nama Plato,selain untuk mengenalkan ke kawan-kawan saya,hal ini saya lakukan untuk membiasakan si Plato dengan suasana tempat wisata dan juga untuk sedikit menghilangkan kejenuhannya pada suasana rumah
.
"Plato bersama saya ke tepi laut".

Benar saja sampai di pantai si Plato asik bermain di pasir pantai,tapi dia masih takut dengan ombak laut,mungkin karena baru kali pertama dia diajak ke laut,selain asik bermain di pasir Plato-pun lebih
sering berbunyi/berkicau.
"Plato asik bercanda dengan Sali Alfakir(seorang aktor teater SENIKI".

Selain lebih asik dia bermain juga lebih mundah berinteraksi dengan orang lain,lebih nyaman ketika difoto.Dari kejadian tersebut saya berasumsi sebenarnya si Plato di habitat aslinya mungkin dekat dengan pantai.                                                                                                                                           
            Akan tetapi saya yakin bahwa binatang peliharaan sebenarnya memiliki kejenuhan pada susana tempat di mana dia tinggal.Apalagi kalau tempat pemeliharaannya kurang layak,baik pada kenyamanan maupun kondisi kesehatan lingkungannya,misalnya;sirkulasi udara yang kurang layak,kurangnya sinar matahari pada tempat di mana dia dipelihara,dan sebagainya.Jadi ketika binatang peliharaan kita dijak ke tempat wisata atau ke alam terbuka dia akan mendapatkan udara segar dan susana yang berbeda,juga bisa berinteraksi pada banyak orang.

Plato menyapa Robien Van Haries (ketum GESBICA periode 2014)

                    Menurut hemat saya memang penting mengajak binatang peliharaan kita ke tempat-tempat wisata atau ke alam liar,selain untuk lebih mendekatkan psikolologi binatang peliharaan dan peliharaannya,juga untuk memberikan suasana lain,serta untuk memutar ulang memorinya pada alam liardan membiasakan berinteraksi pada orang banyak.
Selamat mencoba,semoga anda lebih mengenali karakteristik binatang peliharaan anda dan lebih dekat secara psikologinya.

                                                                                        Elex.SW/2015
                                                                                       Serang,Banten

Tidak ada komentar